Meningkatkan Omset – Cara Cepat Menggandakan Omset dan Laba

March 5, 2012

Meningkatkan omset selalu menjadi tantangan pengusaha dalam mengembangkan usaha mereka. Pertanyaannya, mencari strategi yang praktis dan effektif untuk meningkatkan omset membutuhkan pemikiran yang kritis.

Beberapa pekan ini banyak pengusaha yang ingin mengetahui cara tercepat dan termurah dalam melipatgandakan Profit usaha mereka. Saya teringat ketika saya memulai bisnis kuliner saya dan pada waktu itu saya mempunyai modal yang terbatas dalam melakukan promosi. Dengan segala keterbatasan, saya memastikan pelanggan saya balik dan balik lagi alias mereka puas dengan kedatangan perdana mereka. Profit akan cepat meningkat jika pelanggan anda balik lagi dan bahkan mereferensikan bisnis anda ke teman-temannya.

Beberapa email yang masuk menanyakan setidaknya 6 hal tentang usaha mereka:

  1. Profit berkurang atau menurun dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu
  2. Customer belanja ke kompetitor walau harga sama
  3. Customer lebih ingat kepada sales person ketimbang perusahaan anda
  4. Customer masih sangat price-sensitive
  5. Jarang menghubungi customer Anda kembali
  6. Bagaimana Anda bisa mengatasi hal ini, apakah anda sudah memiliki jurus pamungkas untuk membuat customer Anda Loyal?

Jadi bagaimana cara kita meningkatkan bahkan melipatgandakan Profit Anda dalam 3 bulan mendatang?

Meningkatkan omset selalu menjadi topik saya dalam mengkonsultasikan pengusaha setiap harinya. Banyak Owner yang merasa bahwa bisnisnya beda,dan pembeli hanya bisa beli sekali, contohnya seperti bisnis peti mati, atau wedding cake, bagaimana caranya membuat orang membeli berulang-ulang.

Saya akan share beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan Repeat Business Anda:

  1. Mulai dari produk Anda.. Apakah produk yang anda jual memiliki potensi mendatangkan repeat business?  Seperti razor manufacturers, menciptakan alat cukur yang sekali pakai,  atau isi ulang. Ipod jualan musik dengan- I-tunes, Kontak lens meggantikan kacamata yang lebih lama penggantiannya. Beauty salons, tax consultant, Coffee Shop, hair spa, gunting rambut, cuci mesin pabrik, laundry, dll. Sangat penting untuk memilih bisnis dengan basis repeat order atau ciptakan produk yang melengkapi produk utama anda saat ini.
  2. Apakah anda berpikir dengan memakai jurus diskon bisa mendapat customer yang setia?  Justru sebaliknya.. Karena customer yang datang saat anda membanting harga bukan customer ideal anda. Kecuali kalau Anda menawarkan added value, bisa dalam bentuk garansi atau pelayanan yang lebih prima, agar pelanggan anda lebih setia.
  3. Seberapa kenal Anda dengan Customer Anda?  Bagaimana Anda bisa keep in touch dengan customer jika Anda tidak memiliki informasi tentang customer anda. Kadang nama dan alamat saja tidak cukup, ada satu perusahaan The Business Reader di Amerika, mereka mengirimkan artikel, buku, atau review tentang topic yang paling disukai oleh customer loyal mereka.. ini kuncinya.. mereka mengirimkan secara personal.
  4. Atau contoh sederhana, saya baru terima SMS dari salah sales dealer mobil di Mangga Dua.., beritanya sederhana.. Selamat Hari minggu pak Ben, gimana kabarnya? Jika ingin membeli mobil bisa hubungi saya.Tks, Joni..Mangga dua
  5. Kapan terakhir kali anda menerima Thank You Note yang ditulis oleh restoran favorti anda? Kalau belum pernah, apa rasanya mendapat kiriman Thank You Note yang ditulis sendiri? Apa perasaan customer Anda jika mereka diperlakukan secara special dan dihargai?
  6. Call your customers. Kadang trik sederhana seperti ini bisa memberikan dampak yang luar biasa. Ini pengalaman saya ketika masih menjadi professional, saya rekrut 5 orang karyawan magang yang tugasnya khusus menghubungi customer yang tidak membeli dalam tiga bulan terakhir. Justru upaya kecil seperti ini membuat customer merasa diingat.
  7. Mengirimkan Reminder..”it’s time” reminders. Saya sangat menghargai salah satu perusahaan TV berlangganan yang selalu terima SMS yang isinya : “ Terima kasih bila Anda telah tagihan Januari bla bla bla …  sebelum 23 April 2009.Tagihan Anda bulan ini Rp. ……… minimum payment Rp………

Masih banyak strategi repeat business yang terbukti jalan di segala jenis industri, antara lain: membuat Newsletter, Closed Door sale, Loyalty strategies, Run A Frequent Buyers Program , Create A Membership/VIP Card, Contracts, Re-book Next Visit Now,  Plan Future Purchases With Clients, Offer On Next Purchase, Reminder System, Accept Trade-Ins, Increase Credit Levels, Offer Incentives/Rebates, Educate On Full Value, Telemarket,

Meningkatkan omset adalah mutlak jika anda ingin membangun bisnis kelas dunia dan jika anda ingin mengetahui jurus-jurus pemungkas dalam mengembangkan bisnis anda,  ikuti workshop Rapid Profit terdekat dengan menghubungi (021) 45874088-89. Dapatkan Early Bird Discount Offer sekarang!

Comments

Got something to say?